Blog Freelance FreSh April 2009 : Istilah Indonesia di Internet

FreSh April 2009 : Istilah Indonesia di Internet

Ini adalah satu kesempatan pertama saya untuk mencoba hadir dalam acara yang digelar oleh FreSh. Sebetulnya saya sempat tertarik untuk mengikuti presentasi yang sebelumnya, Facebook Developer Garage Indonesia. Namun sayang sekali saya berhalangan hadir pada kesempatan event yang topiknya sangat menarik itu. Saya sendiri kebetulan mengenal event FreSh ini dari acara Ruang Freelance. Saya meyakini banyak praktisi terkait dengan para It Solution, Internet Marketer, Web Designer, Graphic Designer, Creative Designer, dan sebagainya, yang terlibat dalam event ini.

Karena saya masih pertama kali mencoba mengikuti acara yang digelar oleh FreSh ini, saya sempat seperti anak bebek yang kehilangan induknya. Berputar-putar di FX, karena saya datang terlalu awal, 1 jam sebelum acara. Dan setelah mendekati angka 7PM saya coba masuk ke MAZEE. Sempat bertanya beberapa kali kepada pekerja di tempat tersebut, dimana event FreSh digelar. Untunglah saya bertemu dengan Pitra Satvika, salah satu penyelenggara acara ini.


Pada event kali ini FreSh menghadirkan pembicara-pembicara Ivan Lanin (Wikipedia Indonesia), Romi Hardiyanto (Mozilla Indonesia), Meilani dan Bayu (Wikimu), dan Jeruel (TokoHelm.com). Pembicara tambahannya adalah Sanny Gaddafi (Fupei.com) dan Tommy (Bubu Awards) yang bercerita seputar kegiatan mereka.

Saya mencoba merangkum berdasarkan pengamatan saya terkait dengan presentasi event FreSh kali ini. Sebetulnya saya sendiri masih agak bingung menyebutnya sebagai event, presentasi, atau seminar. Meilani dan Batu dari Wikimu mencoba memperkenalkan wikimu.com yang merupakan jurnalisme warga yang mana para pembaca bisa berkontribusi terhadap berbagai situs. Mereka mempunya satu visi yang sangat baik, yaitu berusaha menggiatkan masyarakat Indonesia terutama para pengguna internet untuk belajar berekspresi melalui karya tulis. Karena mereka meyakini bahwa setiap orang punya kemampuan untuk menulis dan bercerita dengan baik. Namun seringkali orang tidak tahu bagaimana membuat artikel yang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena kita seringkali menggabungkan penggunaan bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris. Hal inilah yang dicoba oleh wikimu untuk dibantu dalam hal peng-edit-annya.

Lalu dilanjutkan oleh Ivan Lanin dari Wikipedia Indonesia. Berbagai statistik dan informasi terkait dengan Wikipedia Indonesia disampaikan oleh Ivan Lanin. Berusaha mensosialisasikan Wikipedia Indonesia. Dan ketika mendapat satu pertanyaan dari seorang peserta, "Apa sih untungnya ngerjain beginian?" Jawaban lucu namun rasional meluncur dari Ivan Lanin, "Persis seperti pertanyaan istri saya, dan saya akan jawab seperti saya menjawab kepada istri saya haha...." Saya lupa kutipan pastinya, namun beliau menjawab pada intinya, bagaimana bahagianya kita melihat puluhan tahun ke depan, melihat anak-anak kita, melihat mereka mencari berbagai informasi, terkait dengan apapun, dan mereka bisa menemukan itu semua dengan mudahnya di Wikipedia. Itulah salah satu motivasi besar yang mendorong Ivan Lanin untuk terus berkarya di Wikipedia Indonesia.

Beberapa presentasi setelah ini jujur saja saya agak kurang memperhatikan, tapi saya tertarik melihat presentasi terakhir yang dibawakan oleh Tommy dari Bubu Awards ke-6. Sebuah event kompetisi yang mengajak kita untuk membuat satu ide yang cukup gila namun bisa mengangkat satu brand image. Terutama brand image yang hendak diangkat kali ini adalah dari sponsor Telkom. Lebih jelasnya bisa kita lihat di websitenya, http://www.bubuawards.com

Untuk persyaratan dan ketentuannya sendiri masih belum dijelaskan. Namun pada kesempatan kali ini kita disuguhkan berbagai contoh menarik terkait dengan ide-ide gila yang justru berhasil mengangkat brand image suatu produk, dengan menggunakan tipikal kampanye. Seperti yang dilakukan Coca-Cola dan Mentos, StillFree.com, dan di Indonesia iklan Axe yang terintegrasi antara televisi dan mobile, serta Djarum yang terintegrasi antara billboard dan mobile.

Photo Credit : Riki Risnandar

 

{morfeo 8}


blog comments powered by Disqus