Blog Freelance Working as Freelancer or Employee?

Working as Freelancer or Employee?

Satu hari saya mendapat telepon dari seseorang yang pada akhirnya saya ketahui bahwa dia adalah owner dari satu perusahaan design yang sebelumnya berdomisili di Singapore dan sekarang hendak meluaskan pasarannya dengan membuka 1 design company di Jakarta. Si pemilik menawarkan saya untuk bekerja di perusahaannya sebagai designer grafis dan web. Wow, dulu saya sering bermimpi untuk bekerja di satu perusahaan design company, namun sayangnya tidak kesampaian. Dan belakangan ini justru saya sering menerima telepon tawaran pekerjaan. Mencari pekerjaan sulit? Dulu saya kira begitu. Namun ternyata lain hal nya apabila kita memiliki kredibilitas di salah satu bidang. Mencari pekerjaan tidaklah sulit, apabila kamu memiliki satu keahlian/kemahiran.

Ada 1 pepatah yang cukup menarik, saya baca dari profil salah seorang teman facebook saya. “When you do the things you love, the money will find you.” I think it's a very very correct statement. What i always do, it's part of my hobby. I love to create things, from design. I start learning Photoshop from about 2-3 years ago. And lately i spent much time in doing web design and developing and also working on projects.


So, better working as a freelancer or employee? Saya merasakan perbedaan besar saat kita bekerja di satu perusahaan dibanding bekerja sebagai freelancer. Salah satunya yaitu adalah keterikatan waktu. Dan saya menyadari bahwa waktu itu sangat berharga, tidak hanya dinilai dari uang. Seringkali kita perlu waktu untuk bersosialisasi dengan teman-teman dan orang-orang di sekitar kita. Menghilangkan kejenuhan menjadi satu hal yang penting untuk diperhatikan seorang freelancer. Serangan penyakit bosan akan sering menyerang anda. Tapi apabila anda berpikiran terbuka dan cepat dalam melakukan improvement dalam setiap langkah karir anda. Saya yakin bahwa keputusan menjadi freelancer adalah tepat untuk anda. Tapi terkadang ada orang yang lebih suka berjalan di jalan yang lurus dan aman. Menjadi seorang freelancer bukanlah keputusan yang mudah. Dikarenakan resiko gagalnya yang lumayan tinggi, inilah yang membuat keputusan anda akan ditentang oleh keluarga dan orang terdekat anda. Namun apabila anda memiliki keyakinan atas diri anda sendiri, bahwa anda bisa dan memiliki nilai jual. Do it! Freelance is your right!


blog comments powered by Disqus

Hello!

Yofie Setiawan

My name is Yofie, I manage a solid team of web designers and web developers based in Jakarta, Indonesia. We are experts in building websites with Joomla CMS and are able to build websites using Responsive Web Design technology. If you are interested in hiring us for a project, Contact Us!