Home Blog Freelance 4 Tips Untuk Freelancer Yang Mengalami Masalah Dengan Mati Listrik
4 Tips Untuk Freelancer Yang Mengalami Masalah Dengan Mati Listrik
Blog - Freelance

Buat beberapa freelancer web designer atau developer pasti mengalami masalah dengan kasus yang sedang rutin terjadi belakangan ini yaitu Pemadaman Lampu Bergilir. Tentu saja fenomena ini sangat mengganggu kerja para freelancer yang bekerja dari rumah. Apalagi bila tidak mempersiapkan langkah-langkah jitu untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

Apa saja yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengurangi kerugian situasi pemadaman bergilir yang cukup mengganggu kerja kita saat ini?

 


ELECTRICAL PROBLEM

GUNAKAN UPS
Beberapa pengguna komputer biasanya menggunakan UPS untuk mengantisipasi kalau-kalau tiba-tiba mati listrik. Jadi masih ada tenaga listrik cadangan yang bisa digunakan untuk melakukan back up atau save. Namun tentunya hampir mirip seperti baterai, UPS juga tidak tahan lama. dan lagi suaranya cukup mengganggu. Tiiittt.... Tittt... Tittt...

GUNAKAN LAPTOP
Bisa juga ketika komputer kita mati, kita mengalihkan atau melanjutkan pekerjaan kita ke laptop. Memang tidak se powerfull komputer tentunya, tapi cukup menolong. Dan untuk energi yang ekstra, anda perlu mempersiapkan baterai lebih banyak yang sudah di charge penuh. Apabila baterai habis? Go to mall! Cari lubang stop kontak di tempat-tempat seperti Starbucks, Coffee Bean, dsb. It's kinda funny, banyak juga cafe yang menyediakan internet akses tapi tidak menyediakan stop kontak. Supaya jangan terlalu betah haha...


INTERNET ACCESS PROBLEM

GUNAKAN MODEM MOBILE
Buat para pengguna koneksi internet speedy ataupun Fastnet tentunya sadar, mau tak mau supaya modem nya bisa tetap menyala, harus menggunakan tenaga listrik. Meskipun sebetulnya telephone bisa tetap menyala meskipun tanpa adanya listrik, tapi modem tidak lepas dari penggunaan listrik. Jadi untuk mengantisipasi hal ini, saya memiliki modem mobile. Kebetulan yang saat ini saya gunakan adalah modem SMART. Hanya dengan RP 150.000/bulan. Cukup membantu apabila kita kehilangan akses speedy. Lagipula bisa digunakan juga untuk keperluan mobile akses internet apabila bertemu dalam offline meeting dengan client.

GUNAKAN ACCESS INTERNET DI MALL
Kelemahan modem mobile yang saya miliki adalah menggunakan tenaga baterai. Jadi tidak bisa bertahan seharian penuh juga. Langkah antisipasinya adalah dengan menggunakan akses internet di mall.

 

Ayo buat temen-temen yang punya ide lain, boleh di share ya...

Image Source : Flickr


blog comments powered by Disqus
 
about
yofie setiawan

My name is Yofie Setiawan, I manage a solid team of web designers and web developers based in Jakarta, Indonesia. We are experts in building websites with Joomla CMS and are able to build websites using Responsive Web Design technology. If you are interested in hiring us for a project, Contact Us!