Blog Mozilla Flash Based Websites

Flash Based Websites

After browsing at this site, i really inspired in writing something about flash based website. Ini bener-bener salah satu website flash terbaik yang pernah saya lihat. Idenya lumayan out of the box. Ada character system, dan bisa online chat di websitenya. Grafisnya oke lah... Tapi ide characternya itu loh yang mungkin kebanyakan dari kita, apalagi web designer yang udah terbiasa bermain di php dan html, gak kebayang bisa buat website company profile yang near online gaming gitu, bisa lompat-lompat juga.

Banyak sekali kabar yang beredar bahwa, "website dengan flash susah di akses! lamaaa!!!" Yup betul sekali, saya pun mengakui hal itu, namun kini sudah ramai orang menyediakan jasa hosting di server indonesia, IIX. Tentunya hal "lama loading/susah akses" sudah bukan menjadi kendala lagi. Sebaliknya kendala tersebut menjadi masalah bagi para visitor yang berasal dari luar negara kita ini. Apakah kini era kebangkitan website flash based?

Tentunya para flash programmer dewasa ini cukup sulit untuk di cari. Jumlah flash proggrammer/ flash web designer yang bisa menelurkan karya-karya yang berkualitas bisa dihitung dengan jari. Apalagi yang bekerja sebagai freelance flash web designer. Dan tentunya ini pula yang menjadi salah satu alasan mengapa website flash based harganya jauh di atas rata-rata website lain yang dibangun dengan php atau html. Adalah suatu hal yang sangat disayangkan apabila seorang programmer flash tidak di dukung oleh tenaga creative director yang tepat, script code yang susah payah dibuat tidak menghasilkan hasil yang maksimal. Dan alangkah luar biasanya apabila seorang flash programmer punya skill dan taste design yang baik. Sudah pasti dia bisa menelurkan karya-karya yang luar biasa. Namun lebih baik lagi apabila ia punya ide yang "out of the box". 

Tapi tentunya kembali lagi, hal yang baik gak selalu baik, pasti ada kekurangannya. Proses pembuatannya yang sulit membuat harga website flash jauh di atas rata-rata. Dan lagi google agak sulit melakukan crawl pada flash based websites. Kecepatan akses juga sangat tergantung pada lokasi server. Dan lagi sulit pastinya membuat sebuah website komunitas seperti facebook atau friendster dengan flash based, agak kurang waras mungkin. Itu semua kembali lagi kepada diri kita masing-masing. Secerdas apa kita sebagai web designer dan developer bisa mengakali kekurangan-kekurangan itu? 

Apa saja yang bisa dilakukan oleh flash based websites? Kalian bisa cek di The FWA. Apabila tertarik untuk mempelajari website flash based, kalian bisa coba berkunjung ke forum babaflash.

Di atas adalah pendapat saya, bagaimana menurut anda?


blog comments powered by Disqus

Hello!

Yofie Setiawan

My name is Yofie, I manage a solid team of web designers and web developers based in Jakarta, Indonesia. We are experts in building websites with Joomla CMS and are able to build websites using Responsive Web Design technology. If you are interested in hiring us for a project, Contact Us!