Blog Mozilla Membuat Avatar Pada Komentar dengan Gravatar

Membuat Avatar Pada Komentar dengan Gravatar

Mungkin masih teringat di benak kita, trend penggunaan blog pada beberapa tahun silam. Di mana banyak orang menuliskan apa yang ada di pikiran mereka lewat blog gratis yang mereka buat dari layanan seperti blogspot, wordpress, dsb. Apa yang menarik dari sebuah blog? Sampai saat ini pun blog masih menjadi bagian penting untuk sebagian besar website. Kalau dulu banyak orang menggunakan layanan blog gratis, sekarang banyak yang meskipun sudah mempunyai domain sendiri, masih menjadikan blog sebagai salah satu menu dari website mereka.


Salah satu fitur yang menjadi daya tarik blog yang membuatnya tidak mati hingga saat ini adalah fitur komunikasi 2 arah, yaitu fitur komentar. Lewat fitur komentar orang-orang yang membaca blog/artikel bisa melakukan interaksi untuk ikut membagikan pendapat dan bertukar pikiran, sesuai dengan tema blog/artikel yang ada. Tentunya tidak lepas bahwa setiap dari kita mempunyai jiwa narsis, itulah salah satu alasan mengapa facebook merajai situs sosial haha...

Dengan adanya jiwa narsis maka kita ingin supaya pada setiap komentar yang kita tulis pada artikel ataupun blog orang lain, ada identitas kita yang melekat disitu, dan juga back link. Dan yang bisa memberikan identitas kuat untuk diri kita pada setiap komentar yang kita buat adalah avatar. Dengan adanya avatar, setiap pribadi akan menjadi lebih manusiawi karena terlihat wujudnya lewat foto, meskipun beberapa orang lebih prefer menggunakan "bukan foto" sebagai avatarnya, namun di sini identitas kita bisa dengan mudah diwakilkan oleh avatar.

Namun bagaimana apabila kita adalah orang yang aktif memberikan komentar di sana sini? Seringkali tergerak untuk berkomentar pada blog/website sana sini. Kalau pada jaman batu dulu (hiperbola), kita harus selalu register terlebih dahulu, memasukkan nama user, nama asli, membuat password, lalu upload foto. Repot sekali bukan? Nah pada abad 21 ini kita beruntung karena bisa dikenalkan dengan 1 fitur yang memudahkan kita. Kita tidak perlu repot-repot melakukan register dan upload avatar berkali-kali apabila kita hendak memberikan komentar pada website/blog yang berbeda-beda.

Fitur tersebut adalah Gravatar, sebuah layanan pihak ketiga yang menampilkan avatar anda pada blog/artikel pada website-website di mana anda memberikan komentar anda. Bagaimana cara Gravatar bisa menampilkan avatar anda tanpa anda harus melakukan register terlebih dahulu dan upload foto? Gravatar melakukan track pada alamat email anda. Pada saat anda melakukan registrasi awal di gravatar.com, anda akan diminta alamat email. Alamat email itulah yang dipakai oleh Gravatar untuk mensinkronisasikan dengan avatar anda. Sehingga kemanapun anda memberikan komentar, asalkan alamat email yang anda isikan pada form komentar adalah alamat email dari account Gravatar anda, maka avatar anda akan langsung muncul tanpa anda harus repot-repot melakukan upload foto terlebih dahulu sebelum memberikan komentar. Sangat memudahkan bukan?

Tentu saja Gravatar tidak bekerja dengan otomatis. Untuk para developer web, harus terlebih dahulu menginstall plugin agar gravatar dapat bekerja pada website/blog nya. Gravatar merupakan fitur pihak ketiga. Gravatar sudah lama menjadi bagian dari website/blog yang menggunakan engine Wordpress. Bukan sesuatu yang baru, jadi jangan ketinggalan dengan kemudahan baru yang diberikan. Selama bukan kemudahan hidup dalam kursi terbang seperti di film Wall-E, kemudahan ini masih layak digunakan. Ekspresikan diri kamu (avatar) lewat Gravatar!

 


blog comments powered by Disqus

Hello!

Yofie Setiawan

My name is Yofie, I manage a solid team of web designers and web developers based in Jakarta, Indonesia. We are experts in building websites with Joomla CMS and are able to build websites using Responsive Web Design technology. If you are interested in hiring us for a project, Contact Us!