Blog Mozilla Berbagi Informasi Lokasi dengan Foursquare

Berbagi Informasi Lokasi dengan Foursquare

Semoga ga ada yang salah paham dengan blog ini, saya bukan yang bikin foursquare! Haha... Lewat sedikit artikel ini saya cuma mau membagikan kepada teman-teman yang mungkin belum kena demam foursquare. Namun mungkin sudah sering dengar tentang foursquare, tapi masih bingung, apa sih itu foursquare? Bagaimana sih cara mainnya? Bagaimana cara menggunakannya? Kalau berharap saya akan menjelaskan secara detail, silahkan pupuskan harapan anda. Karena saya cuma akan membuka sedikit mata hati anda tentang apa itu foursquare.

 

Foursquare adalah dan lagi-lagi sebuah situs social networking, namun yang ini agak berbeda dari facebook dan twitter. Foursquare menawarkan kelebihan agar anda bisa berbagi informasi tentang keberadaan anda atau tempat-tempat yang anda kunjungi. Di samping itu anda bisa saling tukar pikiran, dan juga berkomentar tentang tempat yang anda kunjungi lewat foursquare. Karena merupakan situs social networking yang berbasis lokasi, tidak heran situs ini di support oleh Google Maps. Google Maps sendiri mulai banyak digunakan oleh banyak situs, seperti ubertwitter, dan juga koprol. Hal lain yang membedakan foursquare dari situs social networking berbasis lokasi lainnya adalah Foursquare juga memberikan emblem untuk anda pada level-level tertentu tergantung dari banyaknya anda berkunjung ke satu tempat tertentu. Memang tidak terlalu membuat kita tergila-gila seperti mengejar level ketika bermain game online. Tapi cukup menarik, dan lumayan memberikan perasaan tertantang dan juga penghargaan.

Cara untuk membagikan informasi tentang keberadaan anda adalah dengan melakukan check in, yang untuk saat ini saya rasa hanya bisa dilakukan lewat mobile gadget, like blackberry, iphone, mobile phone, etc.

Sudah lama saya mendengar tentang foursquare namun sudah sejak lama juga saya tidak banyak mencari tahu tentang ini, meskipun mendaftarkan account sudah sejak beberapa bulan lalu, namun baru beberapa minggu terakhir saya mencoba memainkan foursquare. Dengan foursquare anda bisa membagikan informasi tentang keberadaan anda langsung ke facebook dan juga twitter, secara otomatis tentunya.

Agak aneh memang, di saat di luaran sana banyak yang ribut mengenai masalah privacy, justru di tanah air malah saling berlomba-lomba membuka lebar-lebar segala privacy yang dimiliki, sampai-sampai situs seperti foursquare bisa cukup populer di sini dikarenakan jiwa narsis anak bangsa Indonesia yang begitu tinggi.

Secara detail situs foursquare mempunyai banyak manfaat, namun anda sendiri lah yang bisa mencocokkan manfaat mana yang tepat untuk anda. Saya meyakini ke depannya Google Maps akan semakin banyak digunakan untuk membangun situs-situs berbasis lokasi.


blog comments powered by Disqus

Blog

blog image

Firefox Quantum, Download dan Rasakan Kecepatannya!

Mozilla baru saja meluncurkan Firefox Quantum, browser Firefox yang menggunakan engine baru. Mozilla juga menyajikan konsep design UI yang baru yang disebut sebagai Photon. Anda tidak percaya? Silahkan coba Download Firefox Quantum dan rasakan perbedaannya!

Read more

blog image

eCommerce vs Marketplace

Sebagai salah satu pelaku industri, saya hendak melakukan riset secara langsung, bagaimana rasanya dan bagaimana perbedaan antara berjualan lewat website online store sendiri atau ecommerce, dibandingkan dengan menggunakan marketplace yang sudah begitu banyak bertebaran saat ini. Oleh karena itu sejak setahun terakhir, saya mencoba melakukan kegiatan jual beli

Read more

blog image

Sunset For Retail Business

Hari ini, 30 Juni 2017, adalah hari terakhir bagi salah satu raksasa bisnis retail 7-Eleven di Indonesia. Saya sudah sempat menyimak paparan beberapa pengamat, terutama pak Rhenald Kasali di CNN Indonesia. Saya setuju ada faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi tutupnya bisnis 7-eleven di Indonesia. Tapi saya tidak tertarik untuk

Read more

blog image

How to Build a Successful Business

Someone just emailed me, asking about my successful freelance career. Well, i know that i'm still far from success in build my own web design company. But if talking about success with my freelance career as web designer, i think it's a target that i already achieved few

Read more

blog image

Marvel App, Aplikasi Untuk Membuat Prototype Tanpa Coding

Beberapa waktu lalu saya diperkenalkan dengan sebuah aplikasi yang ternyata sesuai dengan yang selama ini saya cari dan belum ketemu. Aplikasi yang cocok untuk kalian yang punya bakat design, namun lemah di coding, seperti saya. Marvel App bisa membantu membuat...

Read more