Blog Mozilla Berbagi Informasi Lokasi dengan Foursquare

Berbagi Informasi Lokasi dengan Foursquare

Semoga ga ada yang salah paham dengan blog ini, saya bukan yang bikin foursquare! Haha... Lewat sedikit artikel ini saya cuma mau membagikan kepada teman-teman yang mungkin belum kena demam foursquare. Namun mungkin sudah sering dengar tentang foursquare, tapi masih bingung, apa sih itu foursquare? Bagaimana sih cara mainnya? Bagaimana cara menggunakannya? Kalau berharap saya akan menjelaskan secara detail, silahkan pupuskan harapan anda. Karena saya cuma akan membuka sedikit mata hati anda tentang apa itu foursquare.

 

Foursquare adalah dan lagi-lagi sebuah situs social networking, namun yang ini agak berbeda dari facebook dan twitter. Foursquare menawarkan kelebihan agar anda bisa berbagi informasi tentang keberadaan anda atau tempat-tempat yang anda kunjungi. Di samping itu anda bisa saling tukar pikiran, dan juga berkomentar tentang tempat yang anda kunjungi lewat foursquare. Karena merupakan situs social networking yang berbasis lokasi, tidak heran situs ini di support oleh Google Maps. Google Maps sendiri mulai banyak digunakan oleh banyak situs, seperti ubertwitter, dan juga koprol. Hal lain yang membedakan foursquare dari situs social networking berbasis lokasi lainnya adalah Foursquare juga memberikan emblem untuk anda pada level-level tertentu tergantung dari banyaknya anda berkunjung ke satu tempat tertentu. Memang tidak terlalu membuat kita tergila-gila seperti mengejar level ketika bermain game online. Tapi cukup menarik, dan lumayan memberikan perasaan tertantang dan juga penghargaan.

Cara untuk membagikan informasi tentang keberadaan anda adalah dengan melakukan check in, yang untuk saat ini saya rasa hanya bisa dilakukan lewat mobile gadget, like blackberry, iphone, mobile phone, etc.

Sudah lama saya mendengar tentang foursquare namun sudah sejak lama juga saya tidak banyak mencari tahu tentang ini, meskipun mendaftarkan account sudah sejak beberapa bulan lalu, namun baru beberapa minggu terakhir saya mencoba memainkan foursquare. Dengan foursquare anda bisa membagikan informasi tentang keberadaan anda langsung ke facebook dan juga twitter, secara otomatis tentunya.

Agak aneh memang, di saat di luaran sana banyak yang ribut mengenai masalah privacy, justru di tanah air malah saling berlomba-lomba membuka lebar-lebar segala privacy yang dimiliki, sampai-sampai situs seperti foursquare bisa cukup populer di sini dikarenakan jiwa narsis anak bangsa Indonesia yang begitu tinggi.

Secara detail situs foursquare mempunyai banyak manfaat, namun anda sendiri lah yang bisa mencocokkan manfaat mana yang tepat untuk anda. Saya meyakini ke depannya Google Maps akan semakin banyak digunakan untuk membangun situs-situs berbasis lokasi.


blog comments powered by Disqus

Hello!

Yofie Setiawan

My name is Yofie, I manage a solid team of web designers and web developers based in Jakarta, Indonesia. We are experts in building websites with Joomla CMS and are able to build websites using Responsive Web Design technology. If you are interested in hiring us for a project, Contact Us!