Blog Story Concept Sharing ADvolution

Concept Sharing ADvolution

{morfeo 13}

Kesempatan yang baik karena saya bisa hadir pada acara yang digelar oleh Concept Magazine. Yaitu Concept Sharing ADvolution (Advertising Evolution), yang menghadirkan 3 orang pembicara yang cukup berkompeten di bidang Graphic Design, yaitu :

  1. Djoko Hartanto, Publisher Majalah Concept
  2. Muhammad Gunawan Alif, Praktisi Periklanan
  3. Fadjar Rusli, Praktisi Periklanan

Ada point-point menarik yang dibagikan oleh Fadjar Rusli terkait dengan bagaimana membuat suatu ads yang baik. Yaitu dengan memperhatikan SERIOUS. Apakah itu? Keseriusan? Bukan!

 

S = Single Message

E = Entertaining

R = Relevant

I = Idea

O = Original

U = Unexpected

S =  Sells

 

Saya tidak memaparkan secara detail mengenai apa saja yang dimaksud dari tiap point di atas. Namun apabila anda jeli, saya yakin, sebagai orang yang berpengalaman baik di dunia periklanan, anda akan manggut-manggut setuju dengan 7 point di atas. SERIOUS adalah pola yang dipaparkan oleh Fadjar Rusli melalui buah pikirannya sendiri. 

 

Single Message

Kita coba bayangkan situasi dimana ketika kita sedang berkendara di jalanan. Lalu pada sebuah sudut jalan terpampanglah sebuah reklame yang mempromosikan suatu produk. Manakah yang lebih baik? Sebuah iklan yang memaparkan begitu banyak kata-kata dan keterangan? Atau iklan yang hanya menampilkan sebuah gambar yang jelas menyampaikan, cukup 1 pesan saja? Tentu saja Single Message adalah tepat. Karena orang tidak mungkin menghabiskan banyak waktu ketika ia berkendara di jalanan hanya untuk memperhatikan sebuah iklan reklame di jalanan. Sangat berbahaya bukan?

 

Entertaining

Tentu kita setuju bahwa setiap hal yang menghibur mempunyai daya tarik sendiri. Termasuk dalam dunia periklanan. Menghibur dalam arti bisa membuat kita tertawa ataupun hanya sekedar tersenyum, atau membuat kita bertanya-tanya. Itu adalah kunci kesuksesan sebuah iklan.

 

Relevant

Sebuah iklan tentunya harus relevan dengan produk yang dipasarkan. Meskipun hanya berupa benang tipis, namun setiap iklan haruslah mempunyai sedikitnya sebuah pesan tersembunyi yang mengkaitkan makna iklan ke dalam produk yang diiklankan. It says something relevant to the product that we sells.

 

Idea

Adalah luar biasa ketika anda mendapatkan sebuat idea yang sangat mengena. Sebuah biro advertising seringkali mempekerjakan beberapa graphic designer, atau creative teams yang mungkin terdiri dari sedikitnya 3 orang. Dan seringkali pada setiap project, tiap orang dari team tersebut akan dimintakan untuk mencari masing-masing 10-30 idea. Sehingga terkumpul puluhan idea yang akan disaring untuk mencari sebuah idea yang paling briliant. Idea bisa diibaratkan sebuah sel sperma, begitu banyak idea, namun hanya satu yang bisa bertahan dipuncaknya. Begitulah perumpamaan yang diberikan oleh Fadjar Rusli (bukan saya yang buat perumpamaan ini). Dan juga dengan sebuah idea yang briliant, seringkali kita bisa menghasilkan karya yang luar biasa tanpa harus menggunakan budget yang tinggi. Iklan bisa menarik, tapi tidak harus mahal.

 

Original

Begitu banyak idea, namun seringkali orang masih kesulitan menemukan sebuah idea yang original. Kita boleh mencari referensi. Namun tentunya dengan tidak 100% meniru. Kita harus bisa menemukan sebuah idea yang original untuk bisa menghasilkan sebuah iklan yang baik.

 

Unexpected

Pernahkah anda mendapat sebuah email yang meminta anda memperhatikan dengan seksama sebuah picture GIF. Yang mana setelah beberapa detik tiba-tiba sebuah sosok Wanita berambut panjang dan bergaun putih seolah mendekat ke arah anda dari gambar tersebut? Unexpected! Setiap hal yang mengejutkan dan tidak terduga akan besar peluangnya untuk bisa menancap di benak khalayak banyak. Make something that's unexpected!

 

Sells

Sebuah iklan yang baik bisa menjual. Inilah kunci paling penting yang diharapkan oleh tiap clients. Mereka ingin produknya setelah diiklankan bisa menjadi lebih laku dipasaran. Ada peningkatan penjualan. 

 

Menarik bukan? Apabila anda seorang Graphic Designer or maybe Creative Director, tidak ada salahnya anda memasang 7 point di atas yaitu SERIOUS di tembok kamar atau kantor anda. Karena saya yakin, 7 point tersebut bisa membantu anda menghasilkan sebuah karya yang baik.

Pada akhir acara, MC yang manis membagi-bagikan hadiah. Sayang sekali, saya menyesalkan kegagalan saya memenangkan Door Prize hadiah dari Pantone senilai Rp 2.000.000. Ya sudahlah, mudah-mudahan lain kesempatan bisa dapat hehe...

 




blog comments powered by Disqus