Blog Story Nexian-Esia Launching Tragedy at EX Plaza, Jakarta

Nexian-Esia Launching Tragedy at EX Plaza, Jakarta

{tpbox2 type={youtube} target={8RG6EjMsNL8} title={Nexian-Esia Launching Tragedy - Outside}}{/tpbox2} {tpbox2 type={youtube} target={uvcDicft4Ic} title={Nexian-Esia Launching Tragedy - Inside}}{/tpbox2}

Karena mendapatkan info dari seorang teman saya, hari ini tepat 25 November 2009, saya mendatangi EX plaza untuk menghadiri acara launching HP Nexian-Esia. Saya tertarik untuk membeli HP yang dibundel dengan harga murah yaitu Rp 99.000 dari harga normal Rp 299.000, dan yang katanya HP ini bisa dipakai untuk ber-facebook ria. Kebetulan HP esia saya selama ini seringkali pulsanya nganggur tidak terpakai. Jadi saya pikir membeli HP esia yang bisa dipakai untuk ber-facebook ria bukanlah ide buruk. Apalagi kebetulan ada promo harga dari launching ini yang jauh dari harga normal, sangat menarik.


Saya memang tidak terlalu antusias, saya pikir memang pasti akan ramai, namun saya datang pada siang hari. Dan sangat mengejutkan begitu sampai dan melihat halaman parkir EX yang biasanya dipakai untuk parkir mobil kini dipenuhi motor, dan juga begitu banyak motor yang parkir di trotoar depan EX. Sungguh pemandangan yang jarang terjadi untuk sebuah mall sekelas EX. Terlebih situasi dalam EX yang begitu ramai, hampir mirip situasi demonstrasi pada era reformasi. Tak heran ada beberapa barikade jeruji kawat yang disiapkan di sana. Dan benar saja, begitu melihat situasi di dalam, setelah begitu sulit mencari jalan masuk ke dalam, ternyata pihak Nexian sendiri sedang berusaha memindahkan massa dari dalam gedung menuju luar gedung, dikarenakan kapasitas gedung tidak bisa menampung jumlah massa yang datang untuk membeli HP Nexian-Esia tersebut.

Dari kabar yang saya dapatkan dari pihak dalam, yang belum tentu kebenarannya, ada 10.000 unit HP yang telah disiapkan, dan menurut saya itu adalah jumlah yang saya kira cukup. Namun yang tidak terprediksi adalah jumlah massa yang begitu meledak yang melebihi kapasitas. Terjadi berebutan dan kerisuhan karena launching ini. Bahkan para SPG yang bersiaga sampai kewalahan dan akhirnya diamankan dari lokasi. Beberapa SPG terlihat menangis karena ketakutan melihat situasi yang begitu di luar kendali. Bahkan beberapa kaca juga pecah akibat tekanan dan desakan dari massa. Sehingga membuat beberapa toko harus memutuskan untuk tutup, meskipun masih siang hari.

Setelah massa diarahkan keluar gedung, masih ada juga beberapa yang menunggu di dalam, dan perlahan pihak keamanan mengosongkan gedung. Pintu gedung di tutup, sehingga untuk keluar dari gedung EX pun harus melewati basement.

Ini adalah situasi yang bisa menjadi evaluasi bagi kita ke depannya. Bahwa dalam melakukan suatu promo, haruslah mempertimbangkan secara matang sebelum pelaksanaan. Tentu peristiwa yang menimpa Nexian-Esia di EX Plaza ini adalah situasi yang diluar dugaan. Namun seharusnya sudah bisa memperkirakan berapa banyak massa yang akan meledak datang, karena promosi iklan dilakukan begitu gencar, tidak eksklusif, iklan masuk di media cetak koran, internet, spanduk, banner, dsb. Tentulah akan memancing banyak massa yang datang. Dan lokasi EX tidaklah tepat untuk jumlah massa yang terlalu berlebihan. Namun kita tentu bisa memetik banyak pengalaman dari peristiwa ini, semoga kegagalan kali ini bisa menjadi kesuksesan nantinya. Karena apabila tidak mensikapi dengan baik, image brand yang dibangun dengan susah payah, bisa runtuh seketika, karena begitu banyak massa yang dikecewakan, jauh-jauh datang dan berdesak-desakkan, namun harus pulang dengan tangan hampa.

 

{morfeo 22}


blog comments powered by Disqus

Hello!

Yofie Setiawan

My name is Yofie, I manage a solid team of web designers and web developers based in Jakarta, Indonesia. We are experts in building websites with Joomla CMS and are able to build websites using Responsive Web Design technology. If you are interested in hiring us for a project, Contact Us!