Blog Story Cara Mencairkan Cek dari Google Adsense di Citibank Jakarta

Cara Mencairkan Cek dari Google Adsense di Citibank Jakarta

Cara Mencairkan Cek dari Google Adsense di Citibank Jakarta

Pada kesempatan ini saya mau berbagi tentang Cara Mencairkan Cek dari Google Adsense di Citibank Jakarta. Sudah cukup lama saya membuat akun Google Adsense. Tepatnya pada tanggal 27 Februari 2009. Dan akhirnya pada tanggal 25 Maret 2013. Saya mencapai jumlah USD100 pada pencapaian Google Adsense saya, sehingga saya bisa meminta Google untuk membayar saya. Memang jumlah yang sedikit, tapi memang karena selama ini saya tidak fokus dalam Google Adsense ini, karena kesibukan saya sebagai Web Designer, jadi ya lumayanlah.

Pertama yang perlu diperhatikan adalah bahwa kita baru bisa menagih kepada Google untuk membayar penghasilan kita dari Google Adsense adalah ketika pendapatan (earnings) kita sudah mencapai lebih dari USD100. Lalu di Payment Settings, kita bisa memilih apakah mau dibayar dengan menggunakan Cek yang dikirimkan ke alamat rumah kita, atau mau dibayar lewat layanan Western Union. Sejauh yang saya ketahui, cuma ada kedua pilihan tersebut. Dan kebetulan saya terlanjur membuat setting pembayaran melalui cek. Namun saya sarankan sebaiknya menggunakan Western Union, karena proses (katanya) bisa lebih cepat dan biaya lebih murah. Saya sekarang mencoba memberikan pencerahan tentang metode pembayaran yang menggunakan Cek.

Setelah saya proses pembayaran saya lewat akun Google Adsense, butuh sekitar hampir 1 bulan untuk Cek dari Google sampai ke rumah saya. Saya bahkan sempat khawatir bahwa cek tidak akan sampai. Namun ternyata sampai juga Cek dari Google Adsense ke rumah saya. Begitu saya cek isinya, ada tertera di cek Bank Citibank, dan asalnya dari UK alias Inggris. Langsung saja saya berfokus untuk mencoba menggunakan jasa dari Citibank untuk mencairkan Cek Google Adsense saya.

Bagian inilah yang repot. Saya sampai berkali-kali berputar-putar di berbagai Citibank di berbagai lokasi. Pertama saya ke Citibank di Mall Puri Indah, ternyata isinya hanya mesin-mesin ATM, di luar ekspektasi saya, tidak ada Customer Service ataupun Teller di situ. Lalu saya datang ke Citibank di Prince Sudirman pada hari lainnya, namun ternyata sudah tutup jam 3 sore, saya terlambat karena kemacetan Jakarta yang cukup parah. Lalu di lain hari saya ke Citibank pusat di Landmark Building, namun ternyata di sana hanya melayani nasabah-nasabah perusahaan, tidak melayani pribadi. Lalu saya kembali ke Citibank Mall Puri Indah, baru saya sadar, di sana memang tidak ada Customer Service, hanya mesin-mesin ATM. Akhirnya terakhir saya kembali ke Citibank Prince di Sudirman, berhasil datang jam 2 siang, lagi-lagi ternyata harus membawa buku rekening tabungan dari bank yang hendak di isikan uang hasil dari Google Adsense nya. Jadi penting untuk membawa : KTP, Buku Rekening Tabungan, beserta cek dari Google Adsense. Akhirnya keesokannya saya datang kembali ke Citibank Prince Sudirman dengan persyaratan lengkap. Namun ternyata dikenakan biaya Rp 350.000 yang harus dibayar cash di muka, tidak dipotong dari hasil pendapatan Google Adsense. Jadi penting untuk membawa uang cash sebesar Rp 350.000 untuk mencairkan Cek Google Adsense anda di Citibank. Biaya Rp 350.000 dikenakan untuk non-nasabah Citibank, sementara untuk nasabah Citibank dikenakan Rp 100.000 per transaksi. Jadi berapapun besar transaksinya, besaran biaya jasa mencairkan cek anda, adalah sama. Lalu setelah mengisi form dengan mengikuti petunjuk dari Teller, dan menerima tanda terima. Saya bisa pulang dan diminta untuk menunggu (katanya) paling lambat 20 hari kerja, untuk bisa dicairkan masuk ke rekening saya.

Sekianlah sharing pengalaman saya terkait Cara Mencairkan Cek dari Google Adsense. Memang tidak terlalu mendetail, lebih pada hal-hal teknis. Tapi saya terbuka untuk tanya jawab lewat comment di bawah, apabila ada teman-teman yang masih bingung dan hendak bertanya.


blog comments powered by Disqus

Blog

blog image

Firefox Quantum, Download dan Rasakan Kecepatannya!

Mozilla baru saja meluncurkan Firefox Quantum, browser Firefox yang menggunakan engine baru. Mozilla juga menyajikan konsep design UI yang baru yang disebut sebagai Photon. Anda tidak percaya? Silahkan coba Download Firefox Quantum dan rasakan perbedaannya!

Read more

blog image

eCommerce vs Marketplace

Sebagai salah satu pelaku industri, saya hendak melakukan riset secara langsung, bagaimana rasanya dan bagaimana perbedaan antara berjualan lewat website online store sendiri atau ecommerce, dibandingkan dengan menggunakan marketplace yang sudah begitu banyak bertebaran saat ini. Oleh karena itu sejak setahun terakhir, saya mencoba melakukan kegiatan jual beli

Read more

blog image

Sunset For Retail Business

Hari ini, 30 Juni 2017, adalah hari terakhir bagi salah satu raksasa bisnis retail 7-Eleven di Indonesia. Saya sudah sempat menyimak paparan beberapa pengamat, terutama pak Rhenald Kasali di CNN Indonesia. Saya setuju ada faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi tutupnya bisnis 7-eleven di Indonesia. Tapi saya tidak tertarik untuk

Read more

blog image

How to Build a Successful Business

Someone just emailed me, asking about my successful freelance career. Well, i know that i'm still far from success in build my own web design company. But if talking about success with my freelance career as web designer, i think it's a target that i already achieved few

Read more

blog image

Marvel App, Aplikasi Untuk Membuat Prototype Tanpa Coding

Beberapa waktu lalu saya diperkenalkan dengan sebuah aplikasi yang ternyata sesuai dengan yang selama ini saya cari dan belum ketemu. Aplikasi yang cocok untuk kalian yang punya bakat design, namun lemah di coding, seperti saya. Marvel App bisa membantu membuat...

Read more