Blog Tips & Tricks 12 Cara Menjadi Sukses

12 Cara Menjadi Sukses

Semua orang ingin menjadi sukses dalam hidup. Biasanya kesuksesan dikaitkan dengan uang dan materi. Namun sebenarnya lebih dari itu. Sukses adalah karakter dan mental. Saya berikan contoh sederhana, seseorang bisa saja beruntung mendapatkan hadiah undian sebesar 1 milyar. Namun apabila orang tersebut tidak punya karakter dan mental sukses, maka tidak lama uang 1 milyar itu akan habis saja entah kemana. Sementara orang dengan karakter dan mental yang sukses, mereka tetap percaya diri meskipun harus mengalami masa tanpa uang satu sen pun. Karena mereka punya mental dan karakter, dan keyakinan bahwa apabila mereka membutuhkan uang, mereka bisa mendapatkannya. Karena modalnya ada pada diri mereka sendiri, bukan dari uang yang mereka punya di dompet celana. Bagaimana caranya menjadi sukses? Simak tips-tips berikut!

1. Jangan dengarkan kata ibumu

Terutama apabila ibumu seperti ibu pada umumnya yang rajin mengajarkan anaknya untuk rajin belajar supaya kelak bisa mendapatkan pekerjaan. Hal ini biasa terjadi karena orang tua pada umumnya tidak mau melihat anaknya hidup susah, sehingga mereka memberikan standard yang mudah alias rendah untuk anak-anaknya. Dan yang menarik adalah, tidak hanya orang tua dari keluarga kaya yang punya kecenderungan demikian, orang tua dari keluarga miskin pun biasanya punya kecenderungan demikian. Jadi untuk memiliki karakter dan mental sukses, itu kembali kepada diri kamu sendiri. Orang-orang yang berhasil adalah mereka yang berani jatuh bangun dari kegagalan untuk mencapai kesuksesan.

2. Menyisihkan 20% pendapatan untuk ditabung

Orang yang sukses tidak mengeluarkan uang lebih banyak dari yang bisa ia dapatkan. Setidaknya kamu bisa menyisihkan 20% dari pendapatan kamu untuk ditabung.

3. Jangan berjudi

Jangan mengeluarkan uang untuk hal-hal yang sifatnya bertaruh atau tidak pasti. Kita tidak terlahir sebagai manusia yang selalu beruntung.

4. Membaca setiap hari

Membaca informasi yang bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan kamu tentang bisnis atua karir yang membuatmu lebih bernilai untuk kolega kamu, pelanggan, dan klien. Dari kebanyakan orang yang berhasil, 88% diantara membaca sekitar 30 menit per hari.

5. Bersosialisasi

Ada baiknya kamu mengurangi waktu duduk di depan komputer terlalu lama. Alangkah baiknya apabila kamu bisa bersosialisasi dengan kelompok atau orang-orang pada event yang mungkin bisa meluaskan pergaulan dan network kamu. Ada banyak acara gratis yang diselenggarakan oleh komunitas yang sifatnya berbagi informasi dan pengalaman, meskipun biasanya selalu ada selipan pesan sponsor, tidak ada salahnya datang berkenalan dan bersosialisasi dengan orang-orang baru.

6. Percaya diri

Penting untuk kamu punya keyakinan atas diri kamu sendiri. Dengan apa yang kamu targetkan dan impikan untuk masa depan dan karir kamu.

7. Evaluasi

Jangan pernah berhenti mengevaluasi diri kamu. Segala hal dewasa ini selalu dinamis dan cepat berubah. Bisnis yang kamu kira bisa dijalankan dengan mudah dengan cara A, besok belum tentu masih mudah menggunakan cara A, melainkan harus berimprovisasi menggunakan cara B.

8. Tentukan Gol, bukan Keinginan

Saya ingin punya mobil, saya ingin punya rumah. Itu adalah contoh bentuk keinginan. Akan lebih baik apabila kita bisa menentukan gol kita, tidak sekedar keinginan-keinginan. Misalnya, saya ingin punya mobil, paling lambat akhir tahun ini, dan untuk mencapai gol itu, saya harus melakukan hal-hal ini, ini, dan itu. Dengan demikian, kamu menjadi lebih objektif dalam mengejar apa yang kamu inginkan.

9. Kurangi bicara, lebih banyak mendengar

Ada rasio yang mengatakan bahwa sebaiknya kita bicara 1 menit dari setiap kita mendengar 5 menit. Orang sukses adalah orang yang baik dalam berkomunikasi karena mereka lebih banyak mendengarkan.

10. Bijak dalam bergaul

Orang sukses biasanya bergaul dengan orang-orang yang sukses. Karena lingkungan kamu mempengaruhi diri kamu secara langsung. Orang-orang sukses menyebarkan aura positif, dan semangat tentang masa depan. Orang sukses yang saya maksud bukan berarti orang kaya dan banyak uang. Orang-orang sukses adalah mereka yang hidup dalam semangat yang positif, sehingga bisa membentuk anda lebih berhasil di masa depan, bukan justru membuat anda tidak melangkah kemana-mana.

11. Carilah seorang mentor

Apabila kamu mengetahui apa gol kamu, carilah seseorang yang telah berhasil mencapai gol kamu itu. Kamu akan terkejut bagaimana mereka bersedia membantu kamu dan berbagi cerita dan pengalaman.

12. Kenali tujuan utama kamu

Kamu mungkin mempunyai banyak impian, cita-cita, dan tujuan. Namun penting untuk mengetahui tujuan utama kamu, sehingga kamu bisa tetap fokus. Tanpa fokus, akan menjadi mustahil untuk mengejar apa yang menjadi tujuan kamu.




blog comments powered by Disqus

Hello!

Yofie Setiawan

My name is Yofie, I manage a solid team of web designers and web developers based in Jakarta, Indonesia. We are experts in building websites with Joomla CMS and are able to build websites using Responsive Web Design technology. If you are interested in hiring us for a project, Contact Us!