Blog Tips & Tricks Request for Proposal

Request for Proposal

Apabila anda hendak memulai sebuah proyek, dalam hal ini tentunya adalah proyek pembuatan website, ada baiknya anda lebih dahulu membuat dokumen RFP atau Request for Proposal. Dokumen ini sangat berguna untuk membantu vendor untuk memahami kebutuhan dari calon clientnya. Apa saja isi dari dokumen RFP? Mari kita simak!

 

 

Introduction

Anda bisa menjelaskan latar belakang anda merencanakan pembuatan website. Apa yang membuat anda tertarik untuk membangun website? Apakah untuk mendukung bisnis anda yang sudah lama berjalan atau baru berjalan? Apakah untuk meningkatkan penjualan anda? Dan lain sebagainya. Anda juga bisa menjelaskan bisnis anda sehingga vendor mengenal  anda lebih baik.

 

Audience

Anda bisa menjelaskan siapa target market anda. Apakah ibu-ibu rumah tangga, user pada umumnya, anak-anak, ibu-ibu dengan anak yang masih kecil, dan sebagainya. Anda juga bisa menjelaskan dalam regional geografi misalnya Indonesia, Asia Tenggara, atau seluruh dunia.

 

Identity

Anda bisa melampirkan design identitas perusahaan yang anda miliki saat ini, sehingga vendor bisa menyesuaikan design web dengan karakter identitas perusahaan anda.

 

Functions

Anda bisa menjabarkan kebutuhan fungsi atau fitur dari website yang hendak dibuat. Misalnya apakah perlu ada form online, user login, shopping cart, dan sebagainya.

 

Deadline

Anda bisa menjelaskan apabila ada tenggat waktu paling lambat anda memerlukan proyek website anda sudah selesai.

 

Refference

Anda bisa membantu memberikan referensi atau contoh dari website lain yang menurut anda bagus, misalnya website kompetitor, atau bisa juga referensi sekedar menjadi acuan desain. Referensi untuk menjelaskan fungsi atau fitur juga diperlukan.

 

Budget

Tidak wajib, namun akan lebih baik apabila anda bisa langsung menyebutkan budget yang anda sediakan untuk menyelesaikan proyek web anda.





blog comments powered by Disqus

Blog

blog image

Firefox Quantum, Download dan Rasakan Kecepatannya!

Mozilla baru saja meluncurkan Firefox Quantum, browser Firefox yang menggunakan engine baru. Mozilla juga menyajikan konsep design UI yang baru yang disebut sebagai Photon. Anda tidak percaya? Silahkan coba Download Firefox Quantum dan rasakan perbedaannya!

Read more

blog image

eCommerce vs Marketplace

Sebagai salah satu pelaku industri, saya hendak melakukan riset secara langsung, bagaimana rasanya dan bagaimana perbedaan antara berjualan lewat website online store sendiri atau ecommerce, dibandingkan dengan menggunakan marketplace yang sudah begitu banyak bertebaran saat ini. Oleh karena itu sejak setahun terakhir, saya mencoba melakukan kegiatan jual beli

Read more

blog image

Sunset For Retail Business

Hari ini, 30 Juni 2017, adalah hari terakhir bagi salah satu raksasa bisnis retail 7-Eleven di Indonesia. Saya sudah sempat menyimak paparan beberapa pengamat, terutama pak Rhenald Kasali di CNN Indonesia. Saya setuju ada faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi tutupnya bisnis 7-eleven di Indonesia. Tapi saya tidak tertarik untuk

Read more

blog image

How to Build a Successful Business

Someone just emailed me, asking about my successful freelance career. Well, i know that i'm still far from success in build my own web design company. But if talking about success with my freelance career as web designer, i think it's a target that i already achieved few

Read more

blog image

Marvel App, Aplikasi Untuk Membuat Prototype Tanpa Coding

Beberapa waktu lalu saya diperkenalkan dengan sebuah aplikasi yang ternyata sesuai dengan yang selama ini saya cari dan belum ketemu. Aplikasi yang cocok untuk kalian yang punya bakat design, namun lemah di coding, seperti saya. Marvel App bisa membantu membuat...

Read more