Blog Tips & Tricks Request for Proposal

Request for Proposal

Apabila anda hendak memulai sebuah proyek, dalam hal ini tentunya adalah proyek pembuatan website, ada baiknya anda lebih dahulu membuat dokumen RFP atau Request for Proposal. Dokumen ini sangat berguna untuk membantu vendor untuk memahami kebutuhan dari calon clientnya. Apa saja isi dari dokumen RFP? Mari kita simak!

 

 

Introduction

Anda bisa menjelaskan latar belakang anda merencanakan pembuatan website. Apa yang membuat anda tertarik untuk membangun website? Apakah untuk mendukung bisnis anda yang sudah lama berjalan atau baru berjalan? Apakah untuk meningkatkan penjualan anda? Dan lain sebagainya. Anda juga bisa menjelaskan bisnis anda sehingga vendor mengenal  anda lebih baik.

 

Audience

Anda bisa menjelaskan siapa target market anda. Apakah ibu-ibu rumah tangga, user pada umumnya, anak-anak, ibu-ibu dengan anak yang masih kecil, dan sebagainya. Anda juga bisa menjelaskan dalam regional geografi misalnya Indonesia, Asia Tenggara, atau seluruh dunia.

 

Identity

Anda bisa melampirkan design identitas perusahaan yang anda miliki saat ini, sehingga vendor bisa menyesuaikan design web dengan karakter identitas perusahaan anda.

 

Functions

Anda bisa menjabarkan kebutuhan fungsi atau fitur dari website yang hendak dibuat. Misalnya apakah perlu ada form online, user login, shopping cart, dan sebagainya.

 

Deadline

Anda bisa menjelaskan apabila ada tenggat waktu paling lambat anda memerlukan proyek website anda sudah selesai.

 

Refference

Anda bisa membantu memberikan referensi atau contoh dari website lain yang menurut anda bagus, misalnya website kompetitor, atau bisa juga referensi sekedar menjadi acuan desain. Referensi untuk menjelaskan fungsi atau fitur juga diperlukan.

 

Budget

Tidak wajib, namun akan lebih baik apabila anda bisa langsung menyebutkan budget yang anda sediakan untuk menyelesaikan proyek web anda.





blog comments powered by Disqus

Hello!

Yofie Setiawan

My name is Yofie, I manage a solid team of web designers and web developers based in Jakarta, Indonesia. We are experts in building websites with Joomla CMS and are able to build websites using Responsive Web Design technology. If you are interested in hiring us for a project, Contact Us!