Blog

Akhirnya Telkom Resmi Membuka Blokir Netflix di Indonesia

Akhirnya per tanggal 7 Juli 2020, para pengguna jaringan Telkom, seperti Telkomsel dan Indihome, sudah bisa kembali menikmati tayangan Netflix. Banyak yang mungkin sudah agak lupa, sejak kapan Telkom melakukan blokir pada Netflix, tepatnya adalah sejak 4 tahun lalu, yaitu tahun 2016. Pada saat itu, Telkom beralasan bahwa blokir Netflix dilakukan karena kekhawatiran akan tayangan Netflix yang dianggap bertentangan dengan norma budaya masyarakat Indonesia.

Telkom merupakan perusahaan BUMN alias Badan Usaha Milik Negara. Dan banyak operator lainnya yang juga beroperasi di Indonesia, justru tidak melakukan blokir sama sekali terhadap Netflix. Tentunya sudah rahasia umum, bahwa ada alasan atau kepentingan bisnis yang berada di balik blokir Netflix di Indonesia. Banyak orang bilang bahwa Telkom melakukan blokir pada Netflix dikarenakan usaha untuk melindungi bisnis streaming yang sama seperti Netflix, milik Telkom, yaitu iFlix.

Dan sepertinya setelah sekian lama beroperasi, tidak banyak peminat iFlix di Indonesia. Bahkan para pengguna jaringan Telkom yang rela bayar lebih mahal untuk berlangganan VPN untuk sekedar mengakses Netflix. Namun demikian, untuk penikmat film yang tidak terbiasa dengan subtitle bahasa Indonesia, tidak mudah untuk menggunakan Netflix dengan VPN, karena banyak film yang tidak tersedia subtitle bahasa Indonesia.

Namun sepertinya tidak mudah untuk bisa bersaing dengan raksasa bisnis streaming film seperti Netflix. Dan sepertinya kesepakatan dan negosiasi berjalan cukup baik. Karena Netflix sendiri juga sudah berusaha menyesuaikan dengan regulasi dan kebijakan yang dituntut oleh pemerintah Indonesia.

Apakah kamu juga pelanggan Netflix yang menggunakan jaringan Telkom seperti Indihome dan Telkomsel? Selamat menikmati tayangan Netflix tanpa VPN!