Pilih SEO atau SEM?

Blog  |  18 May 2022
Pilih SEO atau SEM
Mungkin saat ini anda sedang merasa bingung dan ragu mengenai strategi mana yang lebih baik anda jalankan. Apakah strategi SEO, ataukah strategi SEM?

SEO adallah Search Engine Optimization, sementara SEM adalah Search Engine Marketing. Sesuai dengan namanya SEO adalah usaha dalam mengoptimalkan posisi website anda agar menempati posisi terbaik alias halaman pertama dari hasil pencarian lewat search engine, yang tentunya salah satu yang utama adalah pada search engine atau mesin pencarian Google. SEO bersifat organik, sementara SEM alias Search Engine Marketing lebih bersifat berbayar, yang mana lewat SEM pun anda bisa menempati posisi terbaik dari hasil pencarian lewat search engine, namun untuk berada pada posisi tersebut ada biaya yang harus terus dibayarkan.

SEO

SEO bekerja lewat algoritma Google, yang mana algoritma ini cukup dinamis dikembangkan dan terus diperbaiki oleh Google untuk meningkatkan pengalaman dan kenyamanan para penggunanya. Ada 4 hal penting dalam SEO yang perlu anda ketahui.

SEO on-page
Lewat SEO on-page anda memaksimalkan website anda dari sisi konten dan juga pengaturan pada meta description dan juga meta keywords guna meningkatkan dan memastikan relevansi website anda dengan keyword yang ditargetkan.

SEO off-page
Lewat SEO off-page anda memaksimalkan website anda dari meningkatkan faktor-faktor di luar website anda sendiri, yaitu dengan meningkatkan backlink ke website anda pada website-website lain. Dengan ini algoritma Google bisa mengartikan bahwa website anda punya kepercayaan dan relevansi yang sesuai dengan target keywords yang dicari oleh para pengguna search engine Google.

Technical SEO
Lewat Technical SEO anda memaksimalkan fungsi-fungsi teknis pada website anda guna memastikan bahwa website anda mudah untuk di crawling dan dibaca isinya oleh algoritma mesin pencarian Google. Ada banyak cara teknis yang bisa memaksimalkan Technical SEO, seperti memastikan tersedianya data-data terkait meta keywords, meta description, friendly url, dan sebagainya.

User Interaction Signals
Algoritma Google juga bisa mengetahui bagaimana pengalaman pengguna dalam mengeksplorasi isi website anda. Apakah website anda sudah sesuai dengan relevansi dari keyword yang dicari oleh pengguna search engine Google? Hal ini sangat penting untuk meningkatkan posisi anda sebagai website yang baik di mesin pencari Google sesuai dengan target keyword yang anda incar dan relevan dengan kebutuhan anda.

SEM

SEM atau Search Engine Marketing merupakan usaha dalam menempatkan posisi anda di mesin pencarian Google lewat cara berbayar. Karena ada biaya yang harus dibayar lewat strategi SEM, maka tentunya anda ingin memastikan bahwa biaya atau budget marketing SEM anda berjalan dengan maksimal. Ada 3 hal penting yang perlu menjadi perhatian anda terkait dengan SEM.

Bidding
Ini merupakan proses dimana anda perlu bersaing dengan pemilik website lain yang juga hendak mengiklankan website mereka dengan keyword yang sama dengan yang anda targetkan. Untuk bisa muncul di hasil pencarian Google, anda harus memastikan bahwa bidding anda sudah cukup dibandingkan dengan para kompetitor anda.

Copywriting
Penulisan konten dalam strategi SEM anda sangatlah penting untuk membuat pengguna mesin pencari tertarik untuk melakukan klik pada link website anda. Tulisan yang kurang baik bisa mengakibatkan Click Through Rate yang rendah, yang artinya iklan anda menjadi kurang berguna karena tidak banyak yang tertarik untuk membuka.

Keyword Research
Pemilihan keyword yang tepat dan relevan menjadi salah satu faktor yang menentukan kesuksesan dalam strategi SEM. Lewat tools yang disediakan oleh Google, anda bisa mendapatkan saran inspirasi keywords yang mungkin cocok dengan target market anda.
SEO memerlukan waktu yang panjang untuk bisa melihat dan mendapatkan hasil yang baik. Karena ada usaha seperti riset dan pengembangkan konten website anda dan evaluasi untuk memastikan bahwa website anda terus berkembang pada hasil pencarian Google. Waktu yang dibutuhkan bisa berbeda-beda, bisa kurang dari 1 tahun atau lebih dari 1 tahun, tergantung dari banyak faktor. Faktor yang mempengaruhi bisa bersifat internal seperti relevansi konten website anda, dan bisa juga bersifat eksternal seperti bagaimana posisi kompetitor anda di hasil pencarian Google.

Sementara SEM bisa langsung membuat website anda muncul di halaman pertama Google pada posisi ADS yang tentunya jauh lebih instan namun ada biaya yang harus terus dibayarkan untuk mempertahankan posisi anda tersebut.

Mana yang lebih baik? Tentunya keduanya penting, namun untuk jangka panjang tentunya strategi SEO lebih baik. Namun apabila anda memerlukan hasil yang lebih cepat, ada baiknya memiliki budget untuk menjalankan strategi SEM lewat Google Ads.

Yopdesign menyediakan Jasa SEO untuk anda yang ingin meningkatkan penjualan dari bisnis anda lewat search engine Google. Kami juga menyediakan jasa untuk anda yang membutuhkan dukungan dalam menjalankan strategi SEM untuk mendukung bisnis anda. Hubungi kami untuk berkonsultasi lebih lanjut, karena setiap klien bisa membutuhkan solusi yang unik dan berbeda dari klien lainnya.