Blog Review Website vs Media Sosial vs Aplikasi Mobile

Website vs Media Sosial vs Aplikasi Mobile

Sekarang ini sudah menjadi sangat umum apabila sebuah brand atau perusahaan, memiliki sebuah eksistensi di dunia digital atau online atau lebih tepatnya saya sebut sebagai "internet". Namun sebetulnya saat ini, anda bisa memilih antara memiliki salah satu dari antara : website, media sosial, dan atau aplikasi mobile. Atau bahkan anda ingin memiliki semuanya untuk memaksimalkan strategi digital bisnis anda. Namun, apa saja kira-kira perbedaannya, dan apakah sudah waktunya anda berinvestasi pada semuanya? Atau anda hanya butuh salah satu saja? Tapi yang mana dulu?

Yuk kita simak, apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing.

 

WEBSITE

Memiliki sebuah website ibarat memiliki sebuah kantor atau toko, namun sifatnya online, yang bisa diakses oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Orang yang hendak mengakses website anda hanya membutuhkan akses internet, dan browser. Nah sebetulnya semua, baik website, media sosial, dan aplikasi mobile, membutuhkan internet untuk bisa mengaksesnya. Namun untuk mengakses website, orang hanya membutuhkan sebuah browser, seperti browser Firefox misalnya, atau browser lain yang sudah terinstall di smartphone anda.

Apakah mahal untuk berinvestasi memiliki sebuah website? Sebetulnya website sangat fleksibel dengan biaya investasinya, karena tergantung dari kebutuhan anda sendiri. Apabila anda memahami penggunaan, instalasi, dan pengelolaan sebuah Content Management System atau CMS, tentunya anda bisa dengan mudah memiliki sebuah website. Namun apabila anda tidak memiliki skill tersebut, maka anda bisa menggunakan jasa seperti yang kami sediakan di Yopdesign, untuk membantu anda tidak hanya membangun, dan mendesain website saja, namun juga merawat website anda, dan memastikan website anda bisa terus mendukung perkembangan bisnis anda.

Website sederhana bisa bersifat informatif yang isinya menjelaskan atau memperkenalkan latar belakang perusahaan atau bisnis anda, produk yang anda jual, ataupun jasa.

Dengan memiliki website, anda lebih fleksibel dalam mengontrol bagaimana cara website anda bekerja. Lebih fleksibel daripada menggunakan sekedar media sosial.

 

MEDIA SOSIAL

Nah, apabila anda menggunakan media sosial sebagai eksistensi online anda, tentu ini adalah cara yang paling ekonomis. Namun anda tidak bisa membuat  atau mengatur user flow yang anda inginkan, selain mengikuti fitur-fitur yang sudah ada di media sosial. Namun tentu saja anda tetap bisa kreatif dalam berkreasi memanfaatkan media sosial sebagai representasi perusahaan atau bisnis anda. Media Sosial yang banyak digunakan saat ini adalah seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, dan bahkan mungkin juga TikTok. Kelebihan dari penggunaan media sosial adalah anda bisa membangun komunikasi yang lebih intens dan interaktif dengan market anda. Penggunaan media sosial biasanya juga lebih cocok apabila anda menjual sebuah produk atau jasa yang sifatnya B to C, atau Business to Consumer.

Dalam mengelola akun media sosial untuk bisnis anda, artinya anda dituntut untuk tetap aktif dan kreatif dalam membangun konten setiap harinya. Biasanya untuk hal ini, ada banyak orang yang menyediakan jasa Digital Marketing yang membantu anda dalam merencanakan konten, membangun strategi, dan branding dari bisnis anda dalam waktu yang ditentukan bersama. Karena media sosial adalah tempat yang sangat ramai, sehingga anda butuh effort luar biasa untuk membuat orang-orang bisa menyadari kehadiran anda di media sosial.

 

APLIKASI MOBILE

Investasi dalam pembuatan aplikasi mobile, bisa dibilang paling mahal dari ketiga pilihan eksistensi digital anda di dunia online atau internet. Pembangunan dan perencanaannya butuh waktu dan keseriusan, karena semua dibangun dengan custom dari bagaimana merencanakan User Interface dan juga User Experience. Dan bagaimana merencanakan se-efektif mungkin agar aplikasi mobile anda bisa mencapai tujuan yang anda inginkan.

Sama seperti website, aplikasi mobile juga fleksibel, karena bisa dibangun custom sesuai kebutuhan bisnis anda. Kelebihan dari aplikasi mobile adalah fitur seperti Push Notification, yang mungkin tidak ada pada website. Dan ketika anda berinvestasi pada aplikasi mobile, sebaiknya anda sudah cukup yakin dengan kekuatan brand bisnis anda, atau budget marketing yang besar. Karena untuk orang bisa menghadirkan aplikasi mobile anda pada smartphone pengguna, mereka perlu melakukan download. Dan untuk melakukan download, pengguna perlu alasan yang cukup kuat. Sehingga anda boleh berpikir baik-baik sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada aplikasi mobile. Karena biasanya sebagian besar yang aplikasi mobile bisa lakukan, juga sudah bisa dilakukan oleh Website.

Blog

blog image

Mengapa Web Maintenance Penting?

Kami telah menjalankan bisnis web design dan development sejak tahun 2009. Sekian lama perjalanan kami, memberikan kami pengalaman bekerja sama dengan berbagai jenis client yang datang dari berbagai macam jenis background bisnis yang berbeda-beda.

Read more

blog image

SEO Maintenance, Jadi Nomor Satu di Google

SEO atau Search Engine Optimization adalah cara agar website yang kita miliki bisa tampil di halaman pertama pencarian Google. Lewat pengalaman kami 10 tahun di industri website dan online.

Read more

blog image

Web & Digital Consultant

Kami memahami bahwa saat ini adalah masa-masa yang sulit bagi perekonomian seluruh dunia. Serangan Coronavirus yang menyebabkan penyakit jenis baru yaitu COVID-19 menyebabkan banyak bisnis terpaksa dihentikan...

Read more

Our Team

We’ve been building websites and designs for many clients since 2009. Passionate people is one of our key of success in this business.
team

Yofie Setiawan

Creative Director
team

Aprilia Ayu Lestari

Web Administrator
team

Khantri Iswahyudi

Front-End Developer
team

Sisilia Goutama

Accounting & Finance
team

Yogi Prima

UI/UX Designer

Hello!

My name is Yofie Setiawan, I manage a team of web designers and web developers based in Jakarta, Indonesia. We are experts in building websites with Joomla CMS using Responsive Web Design technology. We also able to help you build mobile apps for Android and iOS. We focus in web design and development business since 2009. If you are interested in hiring us for a project, Contact Us!

 

Products & Services

Beside of offering our services in web design and development, we also build products and services that usually fits to many corporate companies to help their business growth.

Contact Us

PT. Yopdesign Creative Indonesia
yofie@yopdesign.com

CONTACT US

 

DOWNLOADS